Pindah Tempat

Bagi Guru yg butuh perangkat pembelajaran (RPP, Silabus Etc) saya sarankan kunjungi Situs berikut ini :
RPP SILLABUS DOWNLOAD secara Gratis, Buruan!!!

Kamis, 08 Juli 2010

Pengertian Paragraf Deduktif dan Induktif

Berdasarkan posisinya, ada beberapa pola paragraf, antara lain pola paragraf deduktif dan pola paragraf induktif. Pola deduktif menempatkan ide pokoknya di awal paragraf. Sebaliknya, pola induktif yang menempatkan ide pokoknya pada akhir paragraf. Kedua pola itu jika digabung akan muncul pola paragraf deduktif-induktif. Pola yang terakhir itu ide pokoknya tetap satu karena kalimat pertama dan kalimat terakhir menyampaikan ide pokok yang sama, hanya redaksi kalimatnya yang berbeda.


1.  Pola deduktif
          Pemanfaatan teknologi modem merambah ke berbagai bidang. Mang pertaniar memanfaatkan bioteknologi. Bidang pendidikan memanfaatkan berbagai teknologi med' pengajaran. Apalagi bidang komunikasi yang teknologinya berkembang demikian pesat sehingga informasi demikian mudah diakses dari berbagai sumber.
2.     Pola induktif
Bidang pertanian memanfaatkan bioteknologi. Bidang pendidikan banyak memanfaatkan berbagai teknologi media pengajaran. Apalagi bidang komunikasi yang teknologinya berkembang demikian pesat. Semua prang dengan mudah mengakses informasi dari berbagai sumber. Itu semua menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi modem sudah merambah ke berbagai bidang.
3.     Pola deduktif-induktif
Pemanfaatan teknologi modern sudah sampai pada berbagai bidang. Bidang pertanian memanfaatkan bioteknologi. Bidang pendidikan banyak memanfaatkan berbagai teknologi pengajaran. Apalagi bidang komunikasi yang berkembang demikian pesat karena teknologi komunikasi clan informatikanya. Itu semua menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi modem sudah sampai pada berbagai bidang.

0 komentar: