Menurut Ibrahim, dkk. (2000) pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS (Three Stay One Stray) dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa yang melibatkan siswa dalam menelaah materi dan menguji pemahaman terhadap isi pelajaran.
Menurut Kagan dalam Rogov (2005), cara pelaksanaan model pembelajaran TSOS adalah sebagai berikut
Menurut Hock (2006), langkah-langkah model pembelajaran kooperatif TSOS adalah sebagai berikut :
Menurut Kagan dalam Rogov (2005), cara pelaksanaan model pembelajaran TSOS adalah sebagai berikut
- Siswa bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari empat orang.
- Satu orang dari masing-masing kelompok (siswa yang pergi ditentukan oleh guru) akan meninggalkan kelompoknya dan pergi kesatu kelompok lain dengan waktu yang ditentukan untuk melihat dan membandingkan hasil kerja kelompoknya dengan kelompok lain yang dikunjungi.
- Setelah selesai, mereka kernball ke kelompok asal (siswa yang pergi).
- Kelompok asal mencocokkan dengan membahas hasil kerja yang diperoleh dari kelompok lainnya.
- Guru bersama siswa membahas LKS.
Menurut Hock (2006), langkah-langkah model pembelajaran kooperatif TSOS adalah sebagai berikut :
- Semua anggota kelompok membuat tugas secara bersama-sama.
- tiga orang anggota kelompok ditinggalkan di kelompok asal sementara seorang anggota kelompok lagi pergi ke kelompokkelompok lain untuk meninjau apa yang telah dilakukan oleh kelompok lain.
- Anggota yang pergi tadi kembali ke kelompok asal dan memberitahu anggota-anggota yang lain apa yang telah ditinjau.
- Kelompok asal mencocokkan dengan hasil kelompok lain dan
- membahas hasil kerja yang diperoleh dari kelompok lain.
0 komentar:
Posting Komentar